pacuan kuda di binamu jeneponto

JENEPONTO - Seperti halnya di kabupaten-kabupaten lain yang terdapat di Sulsel (Sulawesi Selatan), Kabupaten Jeneponto sangat dikenal dengan keunikan yang di milikinya. Kabupaten jeneponto yang terkenal dengan julukan Butta Turatea jika di termahkan kedalam bahasa Indonesia yang Artinya orang yang berasal dari wilayah bagian atas, Jeneponto sejak dulu kala sudah dikenal dengan jumlah hewannya dominan Kuda.

Dikabupaten Jeneponto, hampir setiap rumah penduduk terdapat kuda yang ditambatkan didalam kandangnya. Berlatar belakang dari itu sehingga Pemerintah Jeneponto Kegiatan-kegiatan yang melibatkan kuda sebagai alat utama juga sering digelar diwilayah ini yakni pacuan kuda. Guna melestarikan simbol budata yang sudah turun temurun.

Pacuan Kuda Binamu Jeneponto

Pacuan Kuda Jeneponto


Harga kuda di jenepoto tergolong mahal yakni berkisar hingga 9 jt/ekor (khusus Untuk kuda pacuan) sedangkan harga kuda biasa harganya berkisar 3 jt/ekor, namun dengan adanya Pacuan Kuda di Jeneponto hingga harga kuda yang harganya melonjak selain itu karena di akibatkan kurangnya minat masyarakat dalam memelihara kuda pacuan.

Tapi dengan adanya arena pacuan kuda di Kabupaten Jeneponto yang letaknya di Kel. Empong Selatan, Kec. Binamu sehingga mampu menyemangati para peternak kuda di Jeneponto. Hal demikian tentunya dapat meningkatkan ekonomi para pedagang yang berjualan kuda di Jeneponto.

Kegiatan pacuan kuda di laksanakan 2 kali seminggu dengan hari yang telah di tetapkan, yakni pada hari Minggu dan hari Rabu, adapun jenis kuda yang diperlombakan yaitu jenis kuda lokal.

Budaya Pacuan Kuda perlu di kembangkan dan dilestarikan, karena dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya dapat menumbuhkan semangat masyrakat dalam beternak kuda, apalagi sejak duhulu kala Kabupaten Jeneponto sangat dikenal sebagai penghasil kuda terbersar di Sulawesi Selatan. Selain dari pada itu, kuda pun merupakan makanan khas orang Jeneponto.

3 komentar untuk "pacuan kuda di binamu jeneponto"

  1. Pada siapa saya bisa mendapatkan kontak person salah seorang peternak kuda handal di Jeneponto yang sudah turun temurun . Abu Qatadah , Jogja.

    BalasHapus

Posting Komentar

..::Terima Kasih Atas Kunjungannya::..
Silahkan tinggalkan komentar Anda segala bentuk kritik dan saran kami harapkan dari pembaca sekalian..!!!
Komentarlah dengan kata-kata yang sopan and NO SPAM..!!!
Thanks.